Pengalaman Monbukagakusho 2013

Apa itu Beasiswa Monbukagakusho?

Monbukagakusho/Monbusho/MEXT adalah Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology atau dalam bahasa Indonesianya, Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi. Jadi, beasiswa Monbukagakusho adalah beasiswa yang diadakan oleh Monbukagakusho.

Monbusho menyediakan berbagai macam program beasiswa, lengkapnya bisa dilihat di sini http://www.id.emb-japan.go.jp/grsbsrsch.PDF

Di sini saya ngga akan menyebutkan detail syarat-syarat aplikasi beasiswa atau hal-hal teknis lain, karena saya rasa lebih baik langsung buka webnya http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html. Saya cuma mau sharing pengalaman saya dari awal seleksi dokumen sampai pengumuman final.

Tahap 1 : Seleksi Dokumen

Untuk Monbusho 2013, pengumpulan formulir seleksi dibuka tanggal 14 Mei 2012 dan ditutup 15 Juni 2012. Rentang waktunya lumayan singkat, jadi jangan sampai telat informasi. Waktu itu, saya tau info dari temen kurang dari 2 minggu sebelum batas akhir pengumpulan. Jujur aja, Jepang bukan โ€˜negara impianโ€™ saya dan ga pernah kepikiran sebelumnya bakal apply beasiswa ke Jepang, tapi ya akhirnya saya coba aja.

Sempet galau mau pilih program apa. Buat lulusan SMA, ada program S1, D3 dan D2. Pengennya D3. Di D3, jurusan-jurusannya dibagi jadi 2 kelompok. Jurusan yang berkaitan sama kimia dan fisika. Bedanya ada di tes tulis nanti. Kalau milih kimia, berarti tes tulisnya matematika, b. Inggris dan kimia. Kalau pilih fisika, tes tulisnya matematika, b. Inggris dan fisika.

Nah, cita-citaku masuk jurusan yang berbau informatika, dan informatika masuk fisika. Padahal, saya sangat nggak jago fisika! Jadi, akhirnya saya memutuskan untuk pilih D2 aja. Karena apapun jurusan yang dipilih, tesnya nanti matematika sama bahasa Inggris. Ga ketemu fisika! Yeeey ๐Ÿ˜€

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa dapat beasiswa ini adalah: ngisi formulir! (download di web) Jangan lupa dikirim ๐Ÿ˜› hehe.

Tips mengisi formulir:

Jawab apa adanya. Contohnya, di situ nanti akan ada pilihan tentang level kemampuan bahasa Inggris kamu: Excellent, Good, atau Poor. Kalau memang poor, jangan memaksakan diri dengan memilih good, apalagi excellent. Nanti repotnya kalau lolos sampai tahap interview. Teman saya, saat interview tidak ditanyai bahasa Inggris sama sekali. Ternyata dia memang menuliskan bahwa level bahasa Inggrisnya poor. Dan pada akhirnya dia juga lolos seleksi final kok.

Sambil nunggu pengumuman seleksi berkas, lebih baik latihan soal tahun-tahun sebelumnya. Bisa download di http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0308e.html. Ga usah nunggu pengumuman, karena seingat saya, jarak waktu antara pengumuman hasil seleksi dokumen dan tes tulis cuma sekitar dua minggu.

Tahap 2 : Ujian Tertulis

Ujian tertulis, bulan Juli.

Tes tulis di Indonesia diadakan di 4 kota. Medan, Jakarta, Surabaya, Makassar.

Karena saya kirim formulir ke Konsulat Jepang di Surabaya, jadi tempat tes saya di Surabaya juga. Kemarin lokasinya di Kampus B Universitas Airlangga hari Selasa, 17 Juli 2012.

Tes tulis pertama, Bahasa Inggris

Kebanyakan soal B. Inggris ini tentang bahasa yang kita gunakan sehari-hari, hanya saja agak advanced sih menurutku hehe.

Tes kedua, Matematika.

Tips

1. baca instruksi

Kalau udah coba latihan sama soal tahun-tahun sebelumnya, ga akan kaget sama bentuk soalnya. Karena ternyata, soal Jepang sama Indonesia beda jauh. Biasanya, kita ga pernah baca instruksi pengerjaan soal. Kalau ngerjain soal Monbusho, membaca instruksi adalah hal yang sangat penting, karena tiap soal beda cara ngerjakannya. Biasanya, yang terjadi adalah panik karena nemu model soal yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Tapi selama baca instruksi dengan baik, tidak akan ada masalah, karena sebenernya soalnya tergolong mudah.

2. hafalkan istilah matematika dalam bahasa Inggris

Kalau istilah matematika yang ga kita kenal ini muncul cuma di satu soal, mungkin ga akan terlalu berpengaruh sama nilai. Tapi, gimana kalo istilah itu kita temui di instruksi? Ada temen saya yang โ€˜membuangโ€™ 6 soal hanya karena ga ngerti harus diapakan soal itu. Padahal, kalau dia ngerti instruksinya, kita cuma disuruh menghitung dan membulatkan jawabannya! Sayang banget kan?

Tahap 3 : Tes Wawancara

Sekitar 2 sampe 3 minggu setelah tes tulis, tiba-tiba dapat telepon dari nomor Kedutaan Jepang. Ternyata itu pemberitahuan bahwa aku lolos tes tertulis dan bisa lanjut ke interview di Kedubes Jepang di Jakarta! :O Tes wawancara ini tanggal 15 Agustus 2012.

Nah, bagian ini yang agak repot. Karena ada beberapa dokumen yang harus dibawa: rapor, ijazah, surat rekomendasi, surat keterangan, dan surat keterangan sehat. Dan semuanya harus dalam bahasa Inggris dan harus dilegalisasi sama kepala sekolah (kecuali surat keterangan sehat, harus dari dokter). Jadi waktu itu sempet bolak-balik sekolah dan rumah sakit. Belum lagi cari-cari tiket pulang pergi yang semurah mungkin hehe. But itโ€™s all worth it ๐Ÿ™‚

Sesampainya di Kedubes, ketemu banyak temen-temen baru yang seperjuangan. Ada yang emang bener-bener niat banget dari awal buat kuliah di Jepang, ada yang awalnya cuma iseng, but we all have done our best.

Pertama, kita dikumpulin di ruangan yang lumayan luas gitu, cukup buat nampung 29 anak yang dipanggil buat interview test (tapi waktu itu 4 orang ga datang). Dan, masuklah dua orang. Satu perempuan dan satu laki-laki (selanjutnya kita sebut mas dan mbak, saya lupa namanya hehe). Pertama, mas itu nerangin sedikit tentang beasiswa ini, trus gimana nanti lanjutannya kalau misalnya kita lolos interview.

Nah, masnya udah selesai ngomong, keluar ruangan. Dan setelah itu, mbak tadi mbagiin kertas ke peserta. Ternyata itu tes Bahasa Jepang xD tapi ga masalah, ini sama sekali bukan penentu lolos atau nggaknya kamu nanti. Mereka cuma pengen tau seberapa kemampuan Bahasa Jepangmu. Ada temenku yang jawab banyak, jawab beberapa juga ada. Kalo aku, satu-satunya coretan di lembar itu adalah nama dan asal sekolah ๐Ÿ˜€

Dan ada lembar lain yang dibagiin. Itu formulir kosongan (persis sama yang kita download di web pas awal buat seleksi dokumen). Kita disuruh nyalin formulir yang kita kumpulin buat seleksi dokumen yang kemarin ke formulir yang baru ini. Boleh diubah-ubah, termasuk pilihan jurusan. Dan yang bakal dikirim ke Monbukagakusho adalah formulir yang baru.

Biar nggak menghabiskan waktu, sambil yang lain ngerjain, mbak tadi manggil no. tes 1 sampe 6 buat interview. Dan saya adalah peserta nomor 3. Whoa, deg-degan! Kita berenam dibawa ke ruang tunggu, dan nanti kita akan dipanggil satu per satu untuk masuk ke ruang wawancara. Di dalam ruang tunggu itu, untung aja ketemu temen-temen baik yang bisa mencairkan suasana sambil nunggu giliran masuk, jadi ngga terlalu tegang.

Peserta pertama udah keluar dari ruang wawancara. Kita langsung tanya-tanyain dia. Tapi katanya dan kelihatannya dia baik-baik aja, so thatโ€™s a bit relieving for me, that (hopefully) Iโ€™m gonna be fine too.

Akhirnya, giliran saya masuk. Di dalam ruangan, ada 4 orang. Dan satu di antaranya adalah orang Jepang. Pertama masuk, langsung ditanyai pake bahasa Inggris. Agak kaget juga. Jadi selama pertanyaan pake English, saya jawab pake English juga. Tapi tenang aja, mereka semua ramah, murah senyum, termasuk orang Jepangnya. Padahal saya bayangin interviewer itu orang-orangnya dingin dan bakalan bikin kita tertekan gitu. Tapi enggak kok ๐Ÿ™‚

Setelah dipersilakan keluar, saya balik ke ruang tunggu dan nunggu sampe semua 6 orang selesai, baru kita balik ke ruangan awal tadi. Di sana, kita nerusin nyalin formulir.

Sebenerya boleh pulang duluan kalau sudah wawancara dan nyalin formulir, tapi saya dan beberapa teman memilih nunggu di sana sambil foto-foto dikit hehe. Dan akhirnya sekitar jam 3, semua udah selesai, saya pulang naik busway ke tempat nginep saya di Jakarta. Dan itulah pertama kalinya saya naik busway sendirian! ๐Ÿ˜€

Tahap 4 : Pengumuman Hasil Seleksi Final

This is the most unexpected one. December 14, 2012 I got a new e-mail in my inbox. 22 out of 25 participants who came to the interview made it. Jadi, sebenernya kalau kamu udah dipanggil buat interview, kemungkinan keterima besar banget.ย (File hasil seleksi final bisa dilihat di sini).

Ya, here I am. Menunggu informasi selanjutnya. Karena sejauh ini masih belum ada pengumuman di mana saya akan ditempatkan. Wish me luck, guys! ๐Ÿ™‚

Alivia Ayu Savira

176 thoughts on “Pengalaman Monbukagakusho 2013

  1. Keren banget sumpah! Keberangkatan tahun 2014 pendaftarannya dibuka tahun ini kan? Semoga aku bisa ngikuti jejak kakak! ๐Ÿ˜€ wish we luck! Ditunggu tulisan selanjutnya ๐Ÿ˜€

  2. brarti bisa lebih dari 5 orang donk kak ?
    Buat keberangkatan 2014 , formulirnya bentar lagi kan kak ?
    Tolong kasih tau via email ntar ya kak ? ๐Ÿ˜€
    thanks ..

  3. kak kemaren kirim dokumen nilai rata” rapotnya berapa ?
    kayanya yang paling susah di seleksi dokumen deh.. ๐Ÿ˜ฆ

  4. Kak ini yang harus dikirim cuma nilai rapot smester akhir aja kan ya :D.
    wah jadi makin semangat ni mau berangkat kesitu : )
    aku juga akan daftar untuk keberangkatan tahun 2014 : )
    SMK tetap bisa kan ya mba.

  5. Whoaaa senengnya bisa lolos semua tahapan seleksi. Aku juga ikut apply tahun kemaren tapi gagal diseleksi tulis ๐Ÿ˜ฆ
    Sempet bingung soalnya aku kan lulusan SMK tapi kebanyakan yg keluar di tes mathnya materi SMA, stuck di materi sin, cos, dkk deh pokonya. Padahal aku sama sekali ga belajar itu disekolah ๐Ÿ˜ฆ
    Ada referensi buku atau tempat les buat persiapan tahun ini ga? Mohon bantuannya ^_^

    1. mmh, kalo buku atau tempat les tertentu aku ga tau sih, gomen ๐Ÿ˜ฆ
      tapi seenggaknya belajar soal-soal UN anak SMA mungkin ๐Ÿ™‚

  6. Yippie \o/ target tahun ini mau daftar (moga-moga tembus :O) cuman masih bingung mau apply D3 atau D2, masih sering stuck juga di fisika sama matematikanya -_____- ada saran gak ?

  7. ^^kak,minta tipsnya dong untuk kita yg ngk bljar matematika/kimia dlm bhasa inggris,kakak wktu itu blajarnya bgaimana? hhehe..trims

  8. kenapa SMK ga bisa milih D3?
    saya mau ikut buat keberangkatan 2014, mohon doa nya supaya saya di terima
    amin

  9. Kak, tahun 2016 msh ada kan ??/ soalnya aku baru mau SMA

    hihihi

    oh ya kak, gk lancar bhs inggris nih… gmn dong….
    ah bsk les ah, inggris sama jpang….

    Kalo S1,, itu soalnya juga seperti soal” anak SMA kan? msalhnya aku baca” di blog lain tuh, nakut”tin (test tertulisnya sulit”)

    Bneran soal” S1 kyak SMA gk ??? tolong jwb smua prtanyaan sy

    BTW kakak mlih Universitas mna di JPang

    oh sekalian kalo kakak berkenan sy blh mnt no hpny gk ? lwat pesan langsung di twtr ya..

  10. kak kalo boleh tahu, kakak beasiswa tahun berapa ?
    ada tips buat lulus test seleksi dokumen gak ?
    gomen banyak tanya :p makasii

      1. ka maaf aku tanya lagi, hehehe
        soal2 matematika yg tahun kemarin itu hampir sama soal arsip sebelumnya ga ?

        soalnya aku kan lulusan smk soalnya aga beda… :p
        gommen ka bnyak tanya,, makasii..

      2. hehehe gommen ne ka,,
        jadi soal matematika yg tahun 2012 keberangkatan 2013,,
        itu hampir mirip soal arsip ga ?

      3. Soal arsip itu soal tahun2 sebelumnya maksudnya?
        Soalku kemarin (kalo ga salah inget) tipenya mirip soal tahun 2009 atau 2010 gitu.

      4. makasii ya ka.. ๐Ÿ™‚

        sekarang sudah di jepang,,
        apa aktivitas disana ka.?

      5. setahun ya belajar bahas jepang,,
        ganbatte oneechn.. “^^

        ka soal matematika nya pilihan ganda apa esay ?
        pake cara jalannya ga atau cuma isinya aja ?
        berapa nomor ka..??

        makasii kaa..

  11. Wah gregetnya s1 cuman 5 orang ๐Ÿ˜ฆ ,mau tanya itu klo yang tes tertulis yang diambil yang tertinggi kan ya ?

  12. walah -_- , untuk soal mtknya saya masih bingung ini, karena soal mtknya itu umum or campuran ya kak ?

  13. ow yaudah gpp :D, yang penting belajar dan usaha dulu deh saya habis itu baru berserah diri ๐Ÿ™‚

  14. kak, kalo anak IPA boleh pilih jurusan yg IPS ga?
    ane anak IPA tapi pengen-nya masuk design…

  15. kak mw tnya, dokumen yg d siapin mulai awal bgt smape brankat k jepang tu apa ja? biar ready first gitu,, ^u^
    mkasih

    1. Dari awal sampai akhir ya, kalau aku kemarin rapot, ijazah, formulir, surat keterangan dari sekolah, surat rekomendasi dari sekolah, surat keterangan sehat (formnya dari Monbusho), paspor (urus sendiri), visa (diurus Kedubes).

      1. berarti habis pengumuman langsung kejepang dong kak buat belajar bhs jepang ? atau nunggu dulu ?

  16. Halo mbak, itu kalo untuk soal ujian tertulisnya (s1, d2, d3) sama apa beda ? Apa cuma beda jumlah mapel yang diteskan aja ? Doakan aku bisa ngikutin jejak km ya mbak. Trimakasih

  17. Kak, kan aku masih kelas x .. hehehe masih lama nunggu kelas xii ๐Ÿ™‚
    Etto … bisa kasih tau gk, persiapan apa aja yang perlu di siapin mulai dari sekarang selain improve my english sama baca2 latihan soal yg tahun lalu??
    Arigatou~ ๐Ÿ˜€

    1. belajar yang bener bener aja ya di SMA, kuasai semua materi.
      dan kayanya tergantung kamu mau daftar program apa juga, kalo S1 mungkin perlu belajar buku-buku lain (mungkin) tapi aku ga tau hehe

  18. Oh iya, waktu itu yang ikutan ada berapa? Emm … khususnya S1, kan yang di terima 5 orang tuh, nah yang ikutan kira2 ada berapa orang? Sampe gk klo 100 orang? ๐Ÿ˜ฆ
    Aduh, jadi pesimis lagi, gara2 gk keterima di beasiswa AFS tadi pagi ๐Ÿ˜ฆ *Nyesek (maaf curcol) hehehe …

      1. Oke keren2 … -..-
        Mulai siap2in mulai dari skarang deh …

        Oh iya kak, sebener’ny materi yang keluar di tes nanti itu gk jauh dari materi UN, atau malah lebih susah sih sebener’e??
        Terus, itu kok kyknya yg fisika sma mtk itu soal esai ya? ._.

  19. assalamu’alaikum.. kak aku siswa SMK pemesinan, bisa ikut juga kah? oiya, kalo syaratnya harus lampirin nilai semester 6 kan belum keluar, gimana tuh kak? mohon bantuannya ya.. ^^

      1. kak kalo JLPT itu apa yah?
        apa kakak pake JLPT juga? trus kalo yg ga pake JLPT ada yg keterima gak?
        minta bantuannya ya kak.. ๐Ÿ™‚

      2. Semacam TOEFL, kalau bahasa Inggris. Aku nggak pernah ikut. Aku malah belum ketemu temen yang pernah ikut ๐Ÿ˜› Tapi kalau kamu udah pernah kayaknya bisa jadi nilai plus.

    1. Minta ke sekolah, tapi surat rekomendasi sekarang belum butuh kok. Nanti kalau lolos tes tulis, kalian akan diminta Kedubes untuk menyerahkan macam-macam dokumen lagi.

  20. maaf kak alivia, saya mau tanya fotocopy raport yang dikirim itu perlu dilegalisir serta nilais semester berapa aja yang akan dikirim?
    trus surat rekomendasi dan keterangan sekolah itu dibuat disekolah ya..??
    klo surat keterangan tidak buta warna apa perlu dikirm.?

    1. Jangan repot repot sama berkas-berkas itu dulu. Kalo awal bukannya yang dikirim cuma ijazah sama form aja kan?
      Yang lain-lain nanti dikasih tahu sama Kedubes kok, kalau aku dulu dibawa pas tes wawancara.

      1. owh… cuma ijazah sama formulir aja to… krain ada juga yang lain.. hehe
        boleh kn foto copy skhu sementara yang dpke cz ijazahnya blm keluar..??

  21. Keren !!!!!
    oh iya, untuk tes tulis, soalnya dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia kak?
    makasaih ๐Ÿ™‚

  22. Kak, kalo misalnya kita keterima di D3 ato D2 di MEXT kaya Kak Alivia itu bisa melanjutkan beasiswa ke jenajang pendidikan yang lebih tinggi gak kak kayak ke S1?

    1. bisa namanya program hennyuu alias ekstensi,, tar ada ujian lgi untuk masuk universitasnya dan untuk beasiswanya tergantung prestasi selama di college

  23. aaa pingin ;_;

    btw aku lg ikutan yg 2013 nih. dan ternyata pendaftarannya cuman sampai tgl 24 (hari ini!) ._. itu pendaftaran onlinenya, atau pendaftaran ngirim data kesananya ya? ๐Ÿ˜€

  24. keren.. makasih banyak buat ceritanya mb..
    mau tanya aja nih, kalo Nuclear enginering itu masuk fisika atau kimia?
    makasih banyak sebelumnya.. ๐Ÿ™‚

  25. mau tanya dong. kan pas daftar disuruh isi nomor telepon rumah. tapi saya gak punya. terus gimana dong ?
    udah di kosongin tapi disuruh di isi.

  26. salam kenal ka ๐Ÿ™‚ ka mau tanya kalau kita sudah daftar ke PTN gimana ? terus kata temen , kalo kita daftar beasiswa bidikmisi gimana ? Kan di persyaratan tidak bisa terkait dengan beasiswa lainnya ka ?terimakasih ๐Ÿ™‚
    Ditunggu replynya ka

    1. Kalau udah daftar PTN ya gapapa. Pengumuman final monbusho kan masih lama (Desember), sampe Desember kita nggak tahu bakal keterima atau nggak, jadi mending sekarang cari perguruan tinggi dulu di Indonesia. Tapi konsekuensinya, kalau keterima monbusho harus dilepas yang di Indo ๐Ÿ™‚
      Bidik misi juga ga masalah setahuku.

  27. Kak mau tanya lg, kalau D2 biasanya bagaimana peluang pekerjaan selanjutnya? Apakah rata2 lulusannya lanjut ke s1 atau langsung kerja?
    saya masih bingung kak, ingin daftar D3 jurusan kimia tp pilihannya hanya satu, sedangkan D2 lebih banyak pilihan jurusannya

    Ditunggu jawabanya kaak, makasih banyak ๐Ÿ™‚

  28. beasiswanya cuma buat yang lulus sma tahun 2013 ya?
    jadi kalau lulus tahun 2010-2012 udah ga bisa ya?

  29. assalamualaikum
    salam kenal nama saya octa,, blog nya keren menginspirasi bagi yg baca:D
    setelah baca pengalaman mu diatas, kan temenmu nulis poor dikemampuan bhs ingg nya di form pendaftaran, dan dia jg ga ditanya pake bahasa inggris kan ?
    nah pertanyaan ku, apa dia lolos ketahap selanjutnya? ๐Ÿ˜€
    Trims (Mohon Dibalas ya )

  30. oh, ia mau tanya sedikit, setelah lolos tes tertulis,kan akan ada tes wawancara,, trus kan disuruh melengkapi berkas, dlmberbahasa inggris
    trus kamu translite itu semua ke transliters tersumpah ga?

  31. assalamualaikum ka..
    skarang aku mau naik kelas 2.
    pas apply formulir harus udh punya paspor apa ga? aku boleh minta no hp kakak gak buat nanya2 hehe arigatou

  32. assalamu’alaikum kak..

    gimana caranya ngedapetin JLTP kak?
    pembelajaran Kimia sama fisika di sekolahku agak minim kak.. ada saran?
    insyaAllah, aku lulusan SMK tahun 2014.. kira2 bisa gak kalo aku daftar tahun ini?
    gomen banyak nanya, arigatou ๐Ÿ™‚

Leave a comment